Sinergi Kaum Milenial dan Pertanian di Era Pandemi COVID-19

Gabriel Natanael Merasano Sinaga - Kamis, 15 Juli 2021 | 10:19 WIB

Sinergi Kaum Milenial dan Pertanian di Era Pandemi COVID-19

Pertanian bukanlah suatu bidang yang banyak diminati oleh kaum milenial. Stigma-stigma yang menyatakan bahwa pertanian gak asik, kuno, menjijikan, dan lain-lain ternyata menjadi akar permasalahannya. Padahal pertanian memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup suatu bangsa. Yap, kalimat tersebut merupakan kutipan kata dari tokoh terkenal, Soekarno. Selain itu, di era sekarang ini, kaum milenial-lah yang berperan penting dalam memanfaatkan teknologi demi mempermudah pekerjaan dan memajukan suatu bangsa. Nah, bagaimana kalau kedua komponen penting ini, pertanian dan kaum milenial, berkolaborasi untuk menghasilkan sesuatu yang mampu menjadi solusi bagi banyaknya permasalahan di masyarakat?

Sampai sekarang, banyak hasil pertanian di Indonesia yang dijual dengan harga rendah sehingga dinilai tidak sesuai dengan jerih payah petani. Hal ini diduga menjadi sebab utama mengapa para petani di Indonesia hidupnya belum sejahtera. Kolaborasi yang baik dengan pemuda dapat menjadi solusi bagi permasalahan ini. Tentunya hal ini tidak akan tercapai jika mindset dari para pemuda belum tertanam dengan baik. Pentingnya kecerdasan membuka peluang dan keinginan menghasilkan hal baru yang tidak terbatas menjadi kunci utama.

Era sekarang ini menuntut para pemuda untuk survive dengan pemikiran yang bergeser dari knowledge menjadi creative. Kita sebagai kaum milenial harus memiliki jiwa creativepreneur, yaitu semangat berwirausaha dan siap menjadi inovator serta menginspirasi dalam bidang industri kreatif. Milenial juga harus terbiasa dengan platform base sebagai digital native yang menguasai modernisasi. Sekarang ini orang bukan hanya sibuk berkompetisi, tetapi berkolaborasi menghasilkan hal baru yang bernilai seperti produk modifikasi hasil pertanian. Diperlukan juga kemampuan agile learning (pembelajar yang lincah) sehingga mampu belajar dari berbagai literatur atau sumber secara online dan mengembangkan kreativitasnya, alih-alih hanya belajar dari diktat mata kuliah.

Sinergi Kaum Milenial dan Pertanian di Era Pandemi COVID-19 Sinergi Kaum Milenial dan Pertanian di Era Pandemi COVID-19

Sinergi Kaum Milenial dan Pertanian di Era Pandemi COVID-19