Bertani bisa jadi MAS KAWIN bagi Milenial (Muda, Berani, Bertani)

Rachman Deny - Kamis, 15 Juli 2021 | 05:01 WIB

Bertani bisa jadi MAS KAWIN bagi Milenial (Muda, Berani, Bertani)

Prediksi sejumlah pakar tentang dunia akan kehabisan jumlah petani pada tahun 2063 berdasarkan hal logis, yakni minim regenerasi. Prediksi tersebut dikatakan mulai terasa sejak tahun 2025, dimana negara asia yang paling berdampak. Berbagai negara berinovasi agar milenial tertarik untuk menekuni bidang pertanian, mulai dari menciptakan robot untuk membantu pekerja petani, teknologi di lahan sempit bahkan ada yang bertani di dalam kotak kontainer baja yang sudah dilakukan oleh adik kandung Elon Musk (pendiri Tesla) yakni Kimbal Musk dengan brand bisnis Square Roots Urban Growers.

Di Indonesia sendiri, pemerintah melalui Kementerian Pertanian menggalakkan semangat bertani bagi milenial dengan mendaulat 67 orang sebagai Duta Petani Milenial rata-rata usia 22-30 tahun yang diharapkan menjadi garda terdepan percepatan program tersebut. Program kerja sinergi antar Kementerian pun dibuat untuk saling mendukung, contohnya dari Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi & UKM yang saat ini totalitas membantu Kementerian Pertanian. Ada juga peran swasta dalam wujud perusahaan Financial Technology yang ikut ambil tanggung jawab, membantu percepatan regenerasi petani. Tahun 2020 lalu, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan mencatat, jumlah petani lokal usia 20-39 tahun baru mencapai 2,7 juta orang dan ini sekitar 8 persen dari total petani Indonesia yang berjumlah 33,4 juta orang. Suatu gambaran bahwa bisa saja prediksi Indonesia akan "bermasalah" terkait jumlah petani yang mensuplai hidangan di meja makan kita.

Menurut saya ada sektor lain yang belum disentuh oleh pemerintah, terkait percepatan program regenerasi petani. Yakni edukasi para orangtua !

Bertani bisa jadi MAS KAWIN bagi Milenial (Muda, Berani, Bertani) Bertani bisa jadi MAS KAWIN bagi Milenial (Muda, Berani, Bertani)

Bertani bisa jadi MAS KAWIN bagi Milenial (Muda, Berani, Bertani)